
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Teknologi digunakan
untuk memudahkan kehidupan manusia. Teknologi sebenarnya sudah ada sejak lama,
hanya saja jika jaman dahulu teknologi cenderung masih sederhana. Seiring
dengan berkembangnya waktu, kini teknologi menjadi semakin maju dan bermanfaat
bagi manusia.
IPA dan teknologi
merupakan dua istilah yang saling berkaitan erat. Memahami teknologi tidak
dapat dipisahkan dari Ilmu Pengetahuan Alam dan rekayasa. Ilmu Pengetahuan Alam
adalah input bagi proses ilmu rekayasa sedangkan teknologi adalah hasil proses
rekayasa.
Pendidikan merupakan
lembaga yang sangat mempengaruhi perkembangan IPA dan teknologi. Ilmu terus
berkembang melalui adanya pendidikan. Keterkaitan antara IPA, teknologi dan
pendidikan sangatlah erat. Maka disini peran guru menjadi penting. Seorang guru
dituntut untuk menguasai perkembangan teknologi terlebih yang ada di dalam
masyarakatnya. Jika guru memahami konsep teknologi beserta prinsip kerjanya
secara mendalam, maka diharapkan guru mampu menghubungkan teknologi tersebut
dengan pembelajaran di sekolah. Misalnya dihubungkan dengan prinsip-prinsip
IPA, dengan begitu pembelajaran menjadi lebih bermakna den relevan, bahkan
diharapkan siswa mampu mengembangkan kedepannya.
B. Rumusan masalah
1. Apa yang dimaksud dengan teknologi?
2. Apa hubungan ipa dengan teknologi?
3. Apa
dampak penggunaan teknologi?
4. Sebutkan contoh-contoh teknologi?
C. TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian teknologi.
2. Untuk mengetahui hubungan IPA dengan
teknologi.
3. Untuk mengetahuidampak kemajuan teknologi.
4. Untuk mengetahui contoh-contoh teknologi.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN TEKNOLOGI
Teknologi merupakan
cara (proses) atau alat (produk) untuk membantu orang menghasilkan sesuatu.
Contohnya kompor minyak tanah merupakan hasil teknologi untuk membantu orang
untuk menyalakan api yang besarnya dapat diatur, menempatkan alat pemasak yang
tepat di atas api itu, dan relatif aman. Teknologi merupakan teknik menyusun
objek untuk menghasilkan suatu proses yang diharapkan, membuat konstruksi di
alam dan membuat alat untuk mengendalikan cara alam bekerja guna menghasilkan
sesuatu yang diharapkan orang. Adapun tingkatan teknologi yang dapat
menggambarkan suatu masyarakat itu modern dengan memakai alat-alat yang sangat canggih
atau masyarakat itu maju tetapi dengan menggunakan suatu alat yang sederhana.
1. Teknologi Tinggi (Hi-tech)
Suatu jenis teknologi
mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru.
Contoh : komputer, laser, bioteknologi, satelit komunikasi, dan sebagainya.
Ciri-ciri teknologi tinggi ini adalah padat modal, didukung rasilitas riset dan
pengembangan, biaya perawatan tinggi, ketrampilan operatornya tinggi, dan
masyarakat penggunanya ilmiah. Sekarang ini banyak sekali negara-negara maju
sedikit demi sedikit menerapkan Teknologi Tinggi (Hi-tech) ini, semisal di
Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan lain sebagainya.
2. Teknologi Madya
Suatu jenis teknologi
yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat, lebih sederhana dan dapat
digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Ciri teknologi
madya adalah tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan tidak memerlukan
pengetahuan baru, karena telah bersifat rutin. Penerapan teknologi madya ini
bersifat setengah padat modal dan padat karya, unsur-unsur yang mendukung
industrinya biasanya dapat diperoleh di dalam negeri dan ketrampilan pekerjanya
tidak terlalu tinggi. Sebagian masyarakat Jepang telah menerapkan teknologi
madya ini di negaranya. Salah satunya yaitu mereka membuat suatu boneka dari
kayu yang memang relative mudah dan menarik sehingga boneka kayu dari Jepang
sudah sangat terkenal dibelahan dunia.
3. Teknologi Tepat Guna
Pada umumnya sebagai
teknologi madya dengan tingkatan yang lebih sederhana. Teknologi ini dicirikan
dengan skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhana, dan
pelaksanaannya bersifat padat karya. Biasanya dilakukan di negara-negara
berkembang, karena dapat membantu perekonomian di pedesaan, mengurangi
urbanisasi dan menciptakan tradisi teknologi dari tingkat paling sederhana.
Teknologi tepat guna ini sering disebut juga teknologi pedesaan atau teknologi
pribumi. Contonya dalam Masyarakat Indonesia sendiri, tepatnya masyarakat Bali.
Masyarakat Bali hampir seluruhnya membuat kesenian baik itu berupa lukisan,
patung, maupun karya-karya dari tangan (anyaman) yang menguntungkan dan mambawa
hasil yang baik dari membuat kesenian tersebut.
B. HUBUNGAN IPA DENGAN TEKNOLOGI
Teknologi dapat
dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA. Teknologi tanpa IPA
dapat diibaratkan sebagai mobil yang mesinnya hidup dan bergerak maju, tetapi
tanpa sopir. Betapa berbahayanya mobil itu, karena dapat menabrak apa saja yang
ada di depannya. Jika ada sopir di dalam mobil itu, sopir akan mengendalikan
mobil, sehingga mobil itu aman dan bermanfaat bagi manusia, sopir itulah IPA.
Jadi, IPA ada dalam teknologi dan mengendalikan teknologi, sehingga teknologi
aman dan bermanfaat bagi manusia. Berikut ini hubungan IPA dan teknologi:
1. IPA dan Teknologi berdiri sendiri
Istilah teknologi
berasal dari kata techne dalam bahasa yunani dan kata logos berarti seni atau
keahlian ataupun keterampilan. Karena itu pada mulanya teknologi berarti seni,
cara-cara, atau keterampilan membuat alat atau barang untuk mempermudah
pekerjaan manusia. Dengan demikian dalam arti sempit teknologi sudah ada sejak
dahulu kala. Manusia purba membuat alat-alat dari batu untuk berburu, berarti
alat-alat dari batu ini merupakan produk teknologi. Perubahan produk-produk
teknologi pada masa tersebut terpisah dari perkembangan IPA.
2. Hubungan tidak langsung antara IPA dan
Teknologi
Dalam arti luas
teknologi menunjuk pada semua proses yang berkenaan dengan materi didalamnya
termasuk cara berpikir, rancangan dan hasil proses tersebut. Produk-produk
teknologi pada tahap ini mempunyai hubungan erat dengan industri, terutama
sesudah zaman revolusi industri. Pada
tahap ini, teknologi mempunyai hubungan tidak langsung dengan IPA. Hal ini
desebabkan IPA memberikan ide-ide kepada perkembangan teknologi tetapi tidak
banyak memperhatikan penuntun bagaimana menerapkannya. Penyelesaian masalah
teknologi harus datang dari pihak teknologi sendiri dan bukan IPA. Salah satu
contoh yang menunjukkan hubungan tidak langsung ini adalah penemuan mesin uap
(james watt). Konsep yang mendasari penemuan mesin uap ini adalah dari IPA
yaitu bahwa uap mengandung energi, tetapi penerapannya dalam mesin uap dan alat
lain yang menggunakan uap sepenuhnyya tergantung kelompok teknologi dan bukan
para ilmuwan IPA. Banyak produk teknologi bidang pertanian, mesin dan
kedokteran memperoleh ide dari konsep mekanika, listrik dan kimia biologi.
3. Teknologi Mempunyai Hubungan Langsung
dengan IPA
Sesudah revolusi
industri, IPA berkembang dengan pesat dan konsep-konsep IPA secara langsung
banyak diterapkan dalam bidang teknologi. Pada masa ini teknologi mempunyai
arti sebagai penerapan IPA.
Sebaiknya produk teknologi akhirnya
dimanfaatkan oleh ahli IPA untuk meningkatkan penemuan konsep baru, yang
seterusnya akan menghasilkan produk teknologi yang lebih mutakhir. Ini berarti
antara IPA dengan teknologi ada hubungan timbal balik, isi mengisi untuk terus
berkembang. Dengan penemuan Thomas Alva Edison berupa lampu listrik dan aliran
listrik, maka dibuatlah listrik tegangan tinggi yang dapat dialirkan
ketempat-tempat yang membutuhkannya.
Baik teknologi maupun
IPA keduanya merupakan ilmu yang sistematis. IPA berupaya mencari dan memberi
kejelasan fenomena alam yang dijumpai dalam kehidupan. Sedangkan teknologi
berupaya mencari dan merumuskan cara menciptakan sistem untuk memecahkan
masalah dan mendukung kehidupan masyarakat maupun individu.
C. DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI
Pada satu sisi,
perkembangan dunia IPTEK yang membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan
peradaban umat manusia. Kemajuan IPTEK telah diakui dan dirasakan memberikan
banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi
lain, pesatnya kemajuan iptek ternyata juga cukup banyak membawa pengaruh
negatif. Berikut adalah manfaat dan dampak negatif dari Ilmu Pengetahuan Alam
dan Teknologi .
Dampak Negatif
Penggunaan Teknologi :
a. Bidang Pendidikan
1) Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat
diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes
psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi
harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2) Penyalahgunaan pengetahuan bagi
orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan
di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi
mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tinggi maka
orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
b. Bidang Informasi dan komunikasi
Penggunaan suatu
informasi dari situs tertentu yang terdapat di internet bisa disalah gunakan
pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti kasus yang sedang marak
terjadi di situs jejaring sosial diantaranya kasus penipuan dan penculikan.
c. Bidang Ekonomi dan Industri
1) Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja
yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
2) Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi
yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral
mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas.
d. Bidang Sosial dan Budaya
1) Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan
ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan
material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam
materi tetapi miskin dalam rohani”.
2) Pola interaksi antar manusia yang berubah.
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah
merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telepon
telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.
Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang
kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri
untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak
orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program
internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan
orang asing kapan saja.
e. Bidang Kesehatan
Munculnya pencemaran
lingkungan yang disebabkan oleh polusi dan limbah-limbah industri.
Dampak Positif
Teknologi :
a. Bidang Pendidikan
Munculnya media massa,
khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari
hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
Metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran.Dengan kemajuan teknolog terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi
tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
b. Bidang Komunikasi dan informasi
Media pertukaran data,
dengan menggunakan telepon, telegraf, email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web - jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Mendapat pelayanan bank
dengan mudah. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan
sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
c. Bidang jasa pelayanan kesehatan.
Institusi kesehatan
menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari
pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui
internet.
d. Bidang ekonomi dan industri
Penemuan dan kemajuan
teknologi mesin banyak membantu kesejahteraan manusia. Misalnya mesin pemintal
benang, mesin cetak, mesin tenun, dsb. Dengan menggunakan energi yang
terkandung dalam bahan bakar, menyebabkan transportasi dapat menjadi lebih
cepat karena adanya kendaraan bermotor.
e. Bidang sosial dan budaya
Banyak pakar yang
berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai
pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan
perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria
semakin menonjol.
D. BEDAH TEKNOLOGI
1. CD (Compact Disk)
a. Pengertian
Cakram Digital (bahasa
Inggris: Compact Disc, disingkat CD), cakram padat, atau piringan cakram adalah
sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital.
Sejak diperkenalkan secara resmi pada tahun 1982, CD memperoleh puncak
penjualan pada tahun 2000 yaitu mencapai 2.445 juta keping Keuntungan yang
diperoleh dari CD adalah kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus
dibandingkan dengan yang ada di kaset, selain itu CD sangat ringan dan mudah
dibawa serta merupakan barang yang sangat tahan lama. CD menawarkan kapasitas
penyimpanan data yang besar serta kapabilitas produksi.
b. Sejarah CD
Pada tahun 1970 Philips
memulai penelitian mengenai ALP (Audio Long Play), sebuah sistem audio untuk
menghadapi teknologi rekaman.1977 Philpis memulai untuk mengambil inisiatif
membuat format baru audio, dan banyak nama yang didiskusikan, seperti Mini
Rack, MiniDisc, atau CompactRack dan compact Disc. 1979 Philips memamerkan CD
di Jerman dengan kualitas audio yang sangat baik (High audip quality). Philips
berkelana ke Jepang untuk mengadakan perundingan pembuatan format standar dari
keping audio, dan Philips mendapatkan kesepakan dengan Sony. 1982 Philips
memproduksi pemutar CD pertama kalinya. Seiring dengan jalannya waktu Philips
mengembangkan teknologi CD semakin hebat. Sejak itulah CD mulai dikenal di
kancah perduniaan, hampir empat ratus Miliar CD telah diproduksi.
c. Cara Kerja
Biasanya piringan CD
berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan
plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk
semacam pit (lubang) berukuran mikro, yang sangat kecil sekali. Lubang-lubang
itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali tercipta
lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus
lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Semua itu
prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan. Alat cetakan CD
bentuknya mirip cetakan kue martabak manis dan analogi pembuatannya juga mirip
seperti itu. CD bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat
ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD, alat utama yang diperlukan adalah CD
Drive. Perkembangan CD terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re
Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
CD yang ada saat ini
umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat
reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai
lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan
dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang
ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan
laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara
motor memutar disk.
Intensitas laser
tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan
dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital.
Penulisan data pada CD hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian,
optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil
dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.
Suara yang ditangkap
oleh alat pemproses suara memiliki tipe data digital yang mana datanya
dinyatakan dalam bilangan biner, yaitu 0 dan 1. Serangkaian 0 dan 1 ini
merepresentasikan suatu nilai sendiri yang mana dengan decoder tertentu akan
menghasilkan nilai yang diinginkan (data yang diperoleh tidak rusak/sesuai).
Pada kepingan CD, data 0 diperoleh dari lubang yang dibuat oleh CD writer,
sedangkan data 1 tidak memiliki lubang. Jadi, deretan data seperti 1011, dalam
bentuk fisik akan menjadi: rata-lubang-rata-rata. Lubang ini dimensinya sangat
kecil sekali.
Konstruksi CD dengan
lubang ini bukanlah apa yang terjadi pada jaman sekarang. Namun, dasarnya sama.
Sekarang, lobang atau ratanya diganti dengan transparan atau buramnya salah
satu lapisan pada CD yang namanya Photosensitive Dye. Dari lapisan ini dapat
ditentukan pola deretan data 1 dan 0.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi merupakan
salah satu bukti kemajuan peradaban manusia saat ini. Dengan berbagai teknologi
yang terbilang canggih, maka kehidupan manusia menjadi lebih mudah.
IPA dan teknologi
merupakan dua komponen yang saling melengkapi. Ada tiga hubungan IPA dengan
teknologi, yaitu :
1. Hubungan tidak langsung antara IPA dan
Teknologi.
2. IPA dan Teknologi berdiri sendiri.
3. Teknologi Mempunyai Hubungan Langsung
dengan IPA.
Adapun dampak dari adanya teknologi yaitu ada dampak
positif dan dampak negative. Teknologi memberikan dampak positif, intinya bahwa
dengan kemajuan teknologi, manusia semakin mudah menjalani kehidupan. Sedangkan
dampak negatifnya yang paling menonjol adalah dampak akan pencemaran
lingkungan. Baik akibat polusi industry maupun munculnya gas rumah kaca pada
penggunaan teknologi tertentu.
CD merupakan salah satu
bentuk kemajuan teknologi. Dengan adanya CD manusia dapat dengan mudah
menyimpan file (digital) dalam kehidupannya. Tak kalah penting, teknologi sangat bermanfaat untuk mengatur kelancaran
arus lalu lintas terutama untuk daerah yang padat dengan kendaraan.
B. Saran
Demikian makalah ini
kami buat, kami berharap makalah ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Sebagai
calon guru, kita harus tetap selalu belajar dan berusaha untuk memahami
berbagai perkembangan teknologi terutama yang terjadi di sekitar kita. Semoga
makalah ini bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Soendjojo,
Dirjosoemarto. 1994. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud.
http://aroel77.blogspot.com/2011/04/dampak-perkembangan-ipa-dan-teknologi.html
diakses pada tanggal 29 April 2011. Pukul 11:56.
http://besteasyseo.blogspot.com/2010/08/manfaat-dampak-positif-teknologi-nano.html.
Diakses pada tanggal 29 April 2011. Pukul 14.02 WIB.
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4194869
http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/
Anonim. 2010. Lampu
Lalu Lintas. Pada
http://www.k12008.widyagama.zc.id/rl/diktatpdf/bab5_lampu_lalu_lintas.pdf.Diakses
pada tnggal 29 April 2011. Pukul 13.30 WIB.
http://www.id.wikipedia.org/wiki/cakram_padat.
Tanggal 06 April 2011 jam 13:15
Anonim. 2011. Proyektor
LCD. file:///E:/kuliah/Semester%204/ipa/Proyektor_LCD.htm. Diakses pada tanggal
1 Mei 2001 pukul 15.03 WIB.
Tag :
TEKNOLOGI DIGITAL
1 Komentar untuk "Makalah BAB 10 : Teknologi Digital"
izin copy paste boleh kah?
buat tugas fisika SMA
mohon bantuannya